Surat Al-Hujurat ayat 12, Isi Kandungan Dilengkapi dengan Tulisan Arab dan Artinya tentang Larangan Berprasangka Buruk

 

Surat Al-Hujurat ayat 12, Isi Kandungan Dilengkapi dengan Tulisan Arab dan Artinya tentang Larangan Berprasangka Buruk / Gambar oleh Ali Burhan dari Pixabay 


RUMAH KU BERBAGI - Al-Qur'an adalah pedoman hidup yang diturunkan oleh Allah SWT. Di dalam Al-Quran terdapat larangan dan anjuran yang harus dilakukan oleh manusia. Salah satunya dalam surat Al-Hujurat ayat 12 yang berisikan tentang larangan untuk berprasangka buruk. 


Isi kandungan di dalam surat Al-Hujurat ayat 12 ini sangat penting untuk diajarkan kepada anak. Sebab, prasangka buruk dapat dirasakan oleh siapa saja. Termasuk oleh anak-anak yang masih berusia muda. 


Isi kandungan surat Al-Hujurat Ayat 12 ini mengajarkan anak anak untuk tidak berprasangka buruk sejak dini, maka ia akan tumbuh menjadi seseorang yang berpikir positif terhadap orang lain. Perilaku tersebut termasuk perbuatan akhlak terpuji.


Dilansir rumahkuberbagi.com dari quran.kemenag.go.id pada Jumat, 15 Desember 2022, berikut tulisan Arab surat Al-Hujurat


Berikut tulisan bahasa arab surat Al-Hujurat beserta artinya.


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱجْتَنِبُوا۟ كَثِيرًا مِّنَ ٱلظَّنِّ إِنَّ بَعْضَ ٱلظَّنِّ إِثْمٌ ۖ وَلَا تَجَسَّسُوا۟ وَلَا يَغْتَب بَّعْضُكُم بَعْضًا ۚ أَيُحِبُّ أَحَدُكُمْ أَن يَأْكُلَ لَحْمَ أَخِيهِ مَيْتًا فَكَرِهْتُمُوهُ ۚ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ ۚ إِنَّ ٱللَّهَ تَوَّابٌ رَّحِيمٌ


“Yaa ayyuhal ladziina aamanuj tanibuu katsiirom minadh dhonni inna ba’dlodh dhonni itsm. Walaa tajassasuu walaa yaghtab badlukum ba’dloo. Ayuhibbu ahadukum ay ya’kula lahma akhiihi maitan fakarihtumuuhu" wattaqullooha innalloha tawwaabur rohiim”


Artinya: Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan sangkaan (kecurigaan), karena Sebagian dari itu adalah dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain dan janganlah menggunjingkan orang lain.

Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang."


Isi kandungan surat Al-Hujurat ayat 12 ini diawali panggilan yang baik untuk orang-orang yang selalu taat pada perintah Allah SWT dan menjauhi larangannya.


Isi kandungan Al Quran surat Al-Hujurat ayat 12 menegaskan dugaan yang tidak berdasar adalah dosa. Dugaan menjadi dosa karena biasanya merupakan pemikiran buruk tanpa dasar. Pemikiran buruk inilah yang menyebabkan seseorang terjerumus menjadi dosa.


Demikian itulah ulasan mengenai isi kandungan surat Al-Hujurat ayat 12 beserta tulisan bahasa arab dan artinya.***

Lebih baru Lebih lama