Wajib Tahu, Amalan Di Bulan Ramadhan Yang Pahalanya Besar


RUMAH KU BERBAGI -
Berikut ini kami bagikan amalan di bulan Ramadhan yang  pahalanya besar saat kita melaksanakan puasa.


Bulan ramadhan merupakan bulan yang sangat dinantikan oleh umat Islam.


Karena, setiap umat Islam berlomba-lomba untuk melaksanakan amal kebaikan di bulan yang mulia tersebut.


Umat Islam mempunyai kewajiban berpuasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.


Banyak kemuliaan yang didapatkan selama berpuasa di bulan ramadhan, dengan berpuasa di bulan ramadhan dapat meningkatkan Taqwa dan lebih dekat kepada Allah SWT.


Terutama orang-orang sangat ingin cepat sampai ke bulan Ramadhan, karena ingin memperbanyak amalan serta memohon ampun kepada Allah SWT.


Bulan Ramadhan juga dikenal sebagai bulan yang mulia serta penuh ampunan, oleh karena itu orang-orang ingin umur mereka sampai ke Bulan Ramadhan, untuk memperbanyak amalan mereka serta memohon ampun kepada Allah SWT.


Berikut ini adalah Lima amalan utama di bulan ramadhan yang dapat meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT:


1. Membaca Al-Quran

Amalan di bulan Ramadhan yang dianjurkan selanjutnya adalah menunaikan tadarus Al-Quran.

Dengan mengaji selama Bulan Ramadhan, kalian tidak hanya bisa mendapatkan berkah tetapi juga mampu meningkatkan ketaqwaan dan iman untuk menjalankan ibadah Puasa di Bulan Ramadan.


2. Meningkatkan Shalat 

Secara singkat, meningkatkan salat berarti yang awalnya hanya sekadar mengerjakan yang fardu maka kini ditambah dengan yang sunah. 


Salat sunah merupakan salat yang dapat dikerjakan di luar salat fardu. 

Salah satunya adalah salat sunah rawatib, yaitu salat yang melekat dengan salat fardu yang dapat dilakukan sebelum maupun setelah salat fardu.


Salat rawatib terdiri dari dua belas rakaat, di antaranya dua rakaat sebelum Subuh, empat rakaat sebelum Zuhur, dua rakaat setelah Zuhur, dua rakaat setelah Magrib, dan dua rakaat setelah Isya. Khusus untuk salat sunah rawatib sebelum Zuhur, diperbolehkan dua rakaat saja jika waktunya terbatas.

Jika dua belas rakaat dari salat sunah rawatib ini istiqomah dilaksanakan, maka akan dibangunkan baginya satu rumah di surga.

Dari Ummu Habibah, istri Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, Rasulullah ﷺ bersabda:

مَنْ صَلَّى اثْنَتَىْ عَشْرَةَ رَكْعَةً فِى يَوْمٍ وَلَيْلَةٍ بُنِىَ لَهُ بِهِنَّ بَيْتٌ فِى الْجَنَّةِ

Artinya: “Barang siapa yang mengerjakan shalat sunnah dalam sehari-semalam sebanyak 12 rakaat, maka karena sebab amalan tersebut, ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga.” (HR. Muslim)


3. Menghidupkan Malam Lailatul Qadar


Setiap malam ganjil terakhir yang diisyaratkan sebagai malam Lailatul Qadar, disunahkan memperbanyak ibadah, dzikir, dan membaca Al-Qur'an.


Namun, amalan yang paling utama di malam ini adalah memperbanyak shalat.


Dalam hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA, Rasulullah SAW pernah bersabda, yang artinya:


“Barangsiapa melaksanakan salat pada malam Lailatul Qadar karena iman dan mengharap paha dari Allah SWT، maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari).


Lailatul Qadar merupakan seribu malam yang datang pada tanggal-tanggal ganjil di akhir bulan Ramadan. Biasanya, malam yang paling diharapkan adalah malam ke 27.


Sesungguhnya, satu amal saleh yang dikerjakan pada bulan Ramadan, lebih baik daripada yang dikerjakan selama seribu bulan.


Lebih baru Lebih lama