Dijamin Sukses! Inilah 9 Ide Usaha Ramadhan 2024, Wajib Anda Coba

Foto oleh Liza Summer: https://www.pexels.com/id-id/foto/mode-wanita-perancang-jeans-6347546/


RUMAH KU BERBAGI - Berikut ini kami ingin berbagi 9 ide usaha Ramadhan 2024 untuk Anda yang wajib dicoba.


9 Ide usaha Ramadhan 2024 dalam artikel ini merupakan usaha yang sangat cocok Anda jalankan di bulan yang suci ini.


Anda dapat memilih salah satu diantara ke 9 ide usaha Ramadhan 2024 tersebut yang sangat memungkinkan dijalankan.


Lalu apa saja 9 ide usaha Ramadhan 2024 yang dimaksud, yuk simak ini ulasannya. 


9 Ide Usaha Ramadhan 2024


1. Menjual Takjil 


Salah satu strategi penjualan Primadona selama bulan puasa adalah menjual takjil. Sekarang menu takjil wajib selama bulan Ramadhan. Jenis takjil yang tersedia juga beragam, mulai dari bubur mutiara, jenang grendul, hingga berbagai kue dan minuman es. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar menu takjil terbuat dari santan, sehingga mudah basi. Kamu bisa mengurangi jumlah jajanan yang Anda jual atau memilih jajanan yang tahan lama, seperti lemper, kue cucur, onde-onde, pastel, dan kue mangkok, agar tidak rugi.


2. Baju muslim 


Tidak ada lebaran yang sempurna tanpa mengenakan pakaian baru. Oleh karena itu, strategi pertama untuk meningkatkan penjualan adalah menjual pakaian lebaran. Dengan permintaan pakaian muslim yang meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri, penjualan pakaian muslim selama bulan puasa mungkin menghasilkan banyak keuntungan, menurut data Google Trends.  Baju koko, gamis, tunik, rok, dan celana kulot adalah barang yang sangat dicari. Anda dapat menggunakan platform seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, atau situs e-commerce lainnya untuk memasarkan produk.  


3. Tas dan Paket


Apakah Anda senang berkreasi dengan dekorasi? Ide jualan bulan puasa ini pasti cocok untuk Anda jika Anda mengatakan iya. Menatanya dan menjualnya adalah cara untuk mendapatkan keuntungan dari kreativitas ini. Bisnis kreatif di bulan Ramadhan memang cukup potensial karena mengirimkan hampers dan parcel sudah menjadi tradisi bagi sebagian orang Indonesia untuk saling menyambung tali silaturahmi. Oleh karena itu, sangat mungkin bahwa hampers dan parcel akan menjadi salah satu produk yang laris di bulan Ramadhan.


4. Menjual Bumbu Siap Masak 


Pernah nggak terlintas di benak Anda bahwa meskipun Anda ingin menikmati masakan rumahan yang sehat, Anda tidak memiliki cukup waktu untuk memasak makanan berbuka puasa? Situasi di atas dapat menjadi peluang bisnis; salah satunya adalah menjual bumbu dapur siap masak. Anda hanya perlu membawa bumbu dapur yang sudah dihaluskan dan diracik. Sahabat, itu sangat mudah, bukan?


5. Menjual Anyaman Kulit Ketupat


Dua sejoli ketupat dan opor ayam adalah makanan yang harus ada di hari raya. Namun, banyak orang malas memasak ketupat karena kesulitan menganyam kulitnya. Jika Anda ingin memanfaatkan peluang bisnis ini, tidak perlu khawatir tentang kurangnya penjualan karena anyaman kulit ketupat akan sangat dicari menjelang lebaran. 


6. Kue Lebaran 


Jika Anda mahir dalam pembuatan kue, Anda dapat mencoba menjual kue kering untuk lebaran karena menyediakan kue sebagai hidangan menjelang lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia. Model bisnis ini pasti sukses di bulan Ramadhan. Akan lebih mudah untuk memasarkan kue buatan Anda di Facebook atau WhatsApp untuk bisnis Anda karena Anda dapat membuat katalog produk yang memungkinkan pelanggan memilih jenis kue mana yang ingin mereka beli.


7. Menjual Toples Kue


Menjual toples kue tidak terbatas pada kue lebaran. Jika Anda tidak percaya, lihat peningkatan jumlah pencarian Google untuk toples kue menjelang hari raya. Menurut trend, toples kue adalah salah satu produk yang paling laku di bulan puasa. Namun, karena toples kaca dapat retak atau pecah selama pengiriman, jangan lupa untuk mengemasan produk Anda dengan baik; Anda mungkin perlu menggunakan kardus tebal atau bahkan bungkus kayu. Pelayanan Anda akan membuat pelanggan puas.


8. Perlengkapan Ibadah


Anda mungkin sudah tahu konsep penjualan bulan puasa ini. Memang, selain pakaian muslim, penjualan peralatan ibadah juga dianggap paling populer selama bulan Ramadhan dan lebaran. untuk pakaiannya sendiri, seperti mukena, sajadah, dan sandal. Bisnis ini juga dapat dilakukan secara online maupun offline, tetapi pastikan untuk mempelajari perilaku pelanggan selama bulan Ramadhan. 


9. Hijab dan Aksesorisnya 


Hijab dan aksesorisnya adalah salah satu item penjualan yang tetap relevan dengan mode selama bulan puasa. Item fashion ini sangat diminati terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang hari raya, tentu saja untuk membuat pakaian di acara keluarga lebih menarik.  


Demikian itulah 9 ide usaha Ramadhan 2024, semoga bermanfaat.***

Lebih baru Lebih lama