Isi Kandungan Surat Al Baqarah Ayat 183 Perintah Menjalankan Puasa Ramadhan

 

Foto oleh Abdulmeilk Aldawsari: https://www.pexels.com/id-id/foto/foto-grayscale-alquran-yang-dibuka-36704/

RUMAH KU BERBAGI - Dalam Alquran, Surat Al Baqarah Ayat 183, disebutkan bahwa setiap muslim yang dewasa, sehat, berakal, dan dalam kondisi bermukim diwajibkan untuk menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadhan.


Selama puasa, seseorang harus menahan diri dari hal-hal yang dapat menghalangi mereka dari berpuasa, seperti makan dan minum, berbicara dengan cara yang buruk atau palsu, dan berhubungan badan dan aktivitas lain yang dapat mengganggu puasa.


Setiap muslim yang sudah masuk usia dewasa, berakal (tidak gila), sehat, dan tidak sedang dalam perjalanan hukumnya wajib berpuasa Ramadhan.


Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā secara spesifik, memerintahkan setiap muslim untuk berpuasa melalui firman-Nya dalam QS. Al Baqarah ayat 183, yang berbunyi:


يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ


(Yaa ayyuhal ladziina aa-manuu kutiba ‘alaikumush-shiyaamu kamaa kutiba ‘alal-ladziina minqoblikum la’allakum tat-taquun)


Artinya:


“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah ayat 183)


Firman Allah Subḥānahu Wa Ta’ālā pada Alquran Surat Al Baqarah ayat 183 di atas mengandung banyak sekali pelajaran berharga yang mempunyai kaitan erat dengan Puasa Ramadhan.


Demikian itulah isi kandungan surat Al Baqarah Ayat 183, semoga bermanfaat.

Lebih baru Lebih lama