Al Baqarah Ayat 177: Memegang "Kartu Jitu" Menuju Kebahagiaan Dunia dan Akhirat

 



RUMAH KU BERBAGI - Al Baqarah 177 adalah salah satu ayat dalam Al-Qur'an yang memiliki makna yang sangat dalam dan penting bagi umat Islam. 

Dalam Al Baqarah 177 ini mengajarkan kepada kita tentang bagaimana cara hidup yang benar dan menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat. 

Ayat ini juga sering disebut sebagai "kartu jitu" karena jika kita mengikuti ajaran yang terkandung di dalamnya, kita akan mendapatkan keberkahan dan kebahagiaan yang hakiki.

BACA JUGA: Surat Yusuf 111: Ketika Ujian Menjadi Jalan Menuju Hikmah

Surat Al Baqarah Ayat 177 Tulisan Arab

۞ لَيْسَ الْبِرَّ اَنْ تُوَلُّوْا وُجُوْهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلٰكِنَّ الْبِرَّ مَنْ اٰمَنَ بِاللّٰهِ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ وَالْمَلٰۤىِٕكَةِ وَالْكِتٰبِ وَالنَّبِيّٖنَۚ وَاٰتَى الْمَالَ عَلٰى حُبِّهٖ ذَوِى الْقُرْبٰى وَالْيَتٰمٰى وَالْمَسٰكِيْنَ وَابْنَ السَّبِيْلِۙ وَالسَّاۤىِٕلِيْنَ وَفىِ الرِّقَابِۚ وَاَقَامَ الصَّلٰوةَ وَاٰتَى الزَّكٰوةَۚ وَالْمُوْفُوْنَ بِعَهْدِهِمْ اِذَا عَاهَدُوْاۚ وَالصّٰبِرِيْنَ فِى الْبَأْسَاۤءِ وَالضَّرَّاۤءِ وَحِيْنَ الْبَأْسِۗ اُولٰۤىِٕكَ الَّذِيْنَ صَدَقُوْاۗ وَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْمُتَّقُوْنَ ۝١

Terjemahan Surat Al Baqarah Ayat 177

"Kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab dan nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta, serta (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya) dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa."

Dari surat Al Baqarah ayat 177, kita memahami bahwa kebajikan sejati tidak hanya ritual ibadah, melainkan juga sikap terhadap sesama manusia.

Kita diajarkan untuk beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat, kitab, dan nabi.

Kita juga diajarkan untuk memberikan harta kepada orang-orang yang membutuhkan seperti kerabat, anak yatim, orang miskin, musafir, dan orang yang meminta-minta.

BACA JUGA: Rahasia Dibalik Surat At Taubah Ayat 105: Kunci Kebahagiaan dan Kesuksesan

Ayat tersebut juga mengajarkan memerdekakan hamba sahaya, mendirikan shalat, menunaikan zakat, serta menepati janji dan bersabar dalam segala situasi.

Dengan mengikuti ajaran Al Baqarah ayat 177, kita akan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat, hidup dengan berkah dan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT, serta menjadi orang yang benar dan bertakwa di hadapan-Nya.

Oleh karena itu, mari jadikan Al Baqarah ayat 177 sebagai pedoman hidup, dan ajarannya sebagai "kartu jitu" menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Semoga kita semua bisa menjadi hamba yang selalu taat kepada Allah SWT dan mendapatkan keberkahan-Nya di setiap langkah hidup kita. Amin.

Lebih baru Lebih lama